Senin, 30 Oktober 2017

PETANI GAMPONG CUNDIEN MELAKUKAN GOTONG ROYONG BERSAMA UNTUK MEMBERSIHKAN SALURAN IRIGASI SAWAH BLANG GAPUY






 Memasuki musim tanam padi Oktober-November, petani di Gampong Cundien kec. Lhoong Kab. Aceh Besar melakukan gotong royong membersihkan saluran irigasi. Kegiatan ini rutin dilakakuan untuk memperlancar saluran irigasi agar kebutuhan air di sawah tercukupi. 

        Saluran irigasi yang mengairi lahan sawah di Gampong Cundien Khususnya sawah Blang Gapuy berasal dari Irigasi sawah Blang Meureng dan sawah Blang Meutoh yang terletak di kawasan Gampong Monmata. sedangkan Sumber Air tersebut adalah dari Hulu sungai Lhoong (Lamsujen).
 
         Gotong royong merupakan intisari dari ideologi Pancasila 1 Juni 1945. Kami berkeyakinan bahwa tanggung jawab untuk membangun bangsa ke depan harus dilakukan dengan cara musyawarah dalam memutuskan dan gotong royong dalam kerfa.Kekuatan rakyat adalah Gotong Royong, di mana rakyat secara bahu-membahu menyelesaikan berbagai hambatan dan tantangannya ke depan. Kami menyadari untuk mewujudkan ideologi itu bukan keria orang perorang ataupun kelompok. Ideologi memerlukan alat kolektif yang namanya gotong royong. Dengan kolektivitas itulah "ruh" ideologi akan memiliki "raga", keberlanjutan dan sekaligus kekuatan maha dahsyat. Sedangkan kata-kata "berdaulat, mandiri dan berkepribadian" adalah amanat Pancasila 1 Juni 1945.
 
 
 









 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar