Senin, 16 Oktober 2017

SEJARAH GAMPONG CUNDIEN



Asal Usul Gampong Cundien (Legenda)
Gampong Cundien awalnya sudah terbentuk pada kerajaan Sultan Iskandar Muda hingga sampai ke Teuku (raja kecil) dibawah tekanan penjajahan Belanda, pada waktu itu nama gampong Cundien belum lahir yang ada pada sebutan masyarakat adalah CULIN kemudian setelah Negara Indonesia merdeka dari penjajahan Belanda barulah Cundin. Cundin tersebut berasal dari Siput yang warnanya Hitam  yang terletak didalam sungai, atas dasar fenomena alam inilah Keuchik Merah tokoh karismatik (wafat tahun 1977) sekitar tahun 1946 (informasi Sejarawan Tokoh gampong) mencetuskan nama gampong Culin menjadi Cundin. namun pada tahun 1994 di bawah pimpinan Kades/Keuchik Tgk Sulaiman Gampong Cundin berobah nama menjadi Gampong Cundien. 

Terbentuknya Dusun

Pada tahun 1945 setelah Indonesia merdeka terbentuklah Dusun-dusun Seperti Dusun Peunayong, Dusun Meunasah, Dusun Umong Lhok dan Dusun Balee Sambuk. Keempat dusun tersebut sampai sekarang tidak bertambah dan tidak berkurang lagi.




SEJARAH PEMBANGUNAN MENASAH/MUSHALA GAMPONG

Pada tahun 1945 di bawah pimpinan atau Kades/Keuchik Merah Masyarakat Gampong Cundien  mulai membangun satu Unit Meunasah Gampong tujuannya adalah sarana tempat Ibadah dan tempat musyawarah Desa atau gampong. Menasah yang pertama di bangun adalah Mirip dengan Rumah Aceh. Pada waktu itu Penduduk Gampong Cundien Mengumpulkan satu genggam Beras Perhari Pergenggam di ambil satu minggu sekali untuk membangun Menasah, dan dikerjakan dengan bergotong royong bersama-sama, sedangkan beras yang terkumpul adalah untuk membeli material yang dibutuhkan. namun pada tahun 1984 di bawah pimpinan Keuchik A'kub Menasah dibangun secara Permanen.

SEJARAH PEMERINTAHAN GAMPONG

Pada tahun 1978 s/d 1983 Gampong Cundien di pimpin oleh keuchik Merah, tahun
1983 s/d 1988 dipimpin oleh Keuchik A'ku, tahun 1988 s/d 1993 di pimpin oleh Keuchik M Jafar, tahun 1993 s/d 1998 dipimpin oleh keuchik Tgk Sulaiman, tahun 1998 s/d 2003 di pimpin oleh Keuchik M. Ali, tahun 2003 s/d 2008 di pimpin oleh Keuchik Abd Anzib, tahun 2008 s/d 2014 di pimpin oleh Keuchik Bachtiar Adam, tahun 2014 s/d Sekarangdi pimpin oleh Keuchik Rusli Hz.














 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar